Cara Sederhana Mengenal Domain dan Hosting

 

Mari lebih dekat Mengenal Domain dan Hosting. Domain dan Hosting, dua hal yang biasanya teman-teman tanyakan kepadaku ketika akan mulai ngeblog. Pada dasarnya, domain dan hosting adalah hal yang tak terpisahkan dalam suatu situs/website/blog. Untuk mengenal lebih lanjut pengertian Domain dan Hosting, mari dilanjutkan bacanya. Jangan bosen baca artikel yang panjang ini ya.

Cara Sederhana Mengenal Domain

Domain 300x241 Cara Sederhana Mengenal Domain dan HostingYang pertama aku bahas adalah domain. Alasannya karena sebagian dari kita pasti sudah mengenal sekali dengan yang namanya domain. Tapi meskipun sudah mengenal sekali, masih banyak kok yang belum begitu bisa menjelaskan apa itu domain.

Secara umum, domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi alamat sebuah situs. Contohnya adalah http://www.facebook.com. Untuk mengakses jejaring social Facebook, domain tersebutlah yang harus kamu ketikkan di browser.

Jaman dahulu, domain masih diidentifikasikan sebagai sederetan angka yang disebut sebagai alamat IP. Contohnya 66.102.13.103. Ribet kan kalau harus mengingat sederatan angka seperti itu untuk mengakses suatu situs. Karena permasalahan inilah, makanya ada perubahan. Perubahan tersebut adalah dikonversinya deretan angka alamat situs yang berupa IP tersebut menjadi alamat berupa karakter unik yang mudah kita mengerti dan ingat.

IP address Google 300x28 Cara Sederhana Mengenal Domain dan HostingMeskipun saat ini kita menggunakan nama unik untuk mengakses situs, tapi kita juga masih bisa mengakses situs dengan alamat IP-nya. Sebagai contoh, cobalah akses alamat IP 66.102.13.103. Hasilnya kamu akan dibawa ke situs Google. Dengan kata lain, alamat IP tersebut adalah alamat IP dari http://www.google.com. Bagaimana kita bisa tau alamat IP dari suatu situs? Jawabannya, kamu bisa cari tau alamat IP dari suatu situs dengan mengunakan layanan pengecekan alamat IP. Banyak layanan tersebut di internet, salah satunya adalah http://www.ipchecking.com.

Domain banyak jenisnya, diantaranya adalah

  • Top Level Domain (TLD)
    Yang termasuk dalam TLD adalah domain dengan akhiran .biz, .com, .edu, .gov, .info, .int, .mil, .name, .net, .org.
  • Second Level Domain
    Second Level Domain merupakan nama unik utama dari domain. Contohnya: www.facebook.com, Second Level Domain-nya adalah facebook.
  • Third Level Domain / Subdomain
    Subdomain pada intinya adalah anak dari domain utama. Pasti kamu pernah menemui situs dengan alamat http://www.NAMAKAMU.blogspot.com atau http://www.NAMAKAMU.wordpress.com. NAMAKAMU itulah yang dinamakan dengan subdomain. Sedangkan blogspot dan wordpress merupakan domain utama atau induk domain. Jadi kamu menggunakan nama subdomain NAMAKAMU di http://www.wordpress.com.

domain names 300x218 Cara Sederhana Mengenal Domain dan HostingUntuk macam-macam nama domain bisa dikatakan sangatlah banyak. Selain Top Level Domain, di setiap negara memiliki sistem nama domain tersendiri sebagai identitas. Misal di Indonesia terdapat akhiran domain .co.id, .web.id, .ac.id, dll. Untuk lebih jauhnya mengenai macam-macam domain ini, silakan kunjungi WIKIPEDIA.

Sudah tau kan apa itu domain? Kalau masih belum jelas, cara yang paling sederhana untuk mengenal domain adalah dengan mengibaratkan domain itu adalah alamat. Alamat rumahkah? Ya boleh saja. Ketika kita ingin mengunjungi rumah seseorang tentunya kta harus tau alamat rumahnya kan? Inilah kegunaan dari domain, yaitu sebagai alamat situs.

Cara Sederhana Mengenal Hosting

Ada domain, ada hosting. Kalau kamu mengakses suatu domain (alamat situs), kamu akan dibawa mengunjungi suatu halaman situs. Tahukah dimana halaman situs tersebut berada? Jawabannya ada di suatu tempat yang bernama hosting.

Secara umum, hosting adalah tempat dimana data-data pembangun situs berada, seperti halaman-halaman situs yang kamu lihat, teks, gambar dan data yang akan kita download.

Jenis Hosting »

house shopping 300x216 Cara Sederhana Mengenal Domain dan HostingSecara sederhana, hosting ibaratnya seperti sepetak lahan yang akan didirikan suatu bangunan (situs), entah itu rumah, toko, gedung, dll. Jika kita ingin membuat rumah (situs), otomatis kita akan membutuhkan bahan bangunan. Dalam dunia internet, bahan bangunan inilah yang bisa dibilang sebagai data-data pembangun situs yang akan ditampilkan dalam suatu situs.

Hubungan Antara Domain dan Hosting

Seperti yang aku singgung sebelumnya, domain dan hosting adalah hal yang tak terpisahkan dalam suatu situs/website/blog. Untuk menjelaskannya, aku akan sedikit memberikan cerita mengenai domain dan hosting dengan perumpamaan alamat rumah (sebagai domain) dan rumah (sebagai situs) yang berada di sepetak lahan (sebagai hosting).

cartoon house 1 Cara Sederhana Mengenal Domain dan HostingCeritanya begini, kita akan kedatangan tamu teman lama. Teman lama kita tersebut belum pernah mengunjungi rumah (situs) kita sebelumnya. Otomatis kita memberinya alamat rumah (domain). Dengan berbekal alamat rumah (domain) yang kita berikan, dia akan berkunjung ke rumah (situs) kita. Ketika dia sampai pada alamat (domain) yang kita berikan, dia akan melihat tampilan dari rumah (situs) kita yang berdiri kokoh di sepetak lahan (hosting). Di rumah (situs) itulah dia mengunjungi kita. Tanpa disadari, teman kita tersebut berada di sepetak lahan (hosting) yang berdiri sebuah bangunan yang dinamakan rumah (situs). Di dalam rumah (situs) di sepetak lahan (hosting) ini teman kita akan melihat-lihat apa saja yang kita suguhkan kepadanya. Dalam dunia internet, yang kita suguhkan kepadanya bisa berupa teks, gambar, dll.

Pada intinya, ketika kita mengakses suatu alamat situs (domain), kita akan dibawa melihat sebagian isi dari hosting, yaitu data-data pembangun situs. Halaman-halaman situs, teks, gambar, musik, file download, kesemuanya itu berada di dalam hosting. Jadi, jika kita mengunjungi suatu situs, secara tidak langsung, kita mengakses sebagian data di dalam hosting alamat situs (domain) tersebut.

Kurang lebihnya begitulah yang bisa aku jelaskan mengenai hubungan antara domain dan hosting secara sederhana melalui gambar diatas.

Cara Mendapatkan Domain dan Hosting

Jika kamu ingin mendapatkan domain dan hosting, otomatis kamu sudah mulai tertarik untuk membuat situs/website/blog. Untuk mendapatkan domain dan hosting, yang perlu kamu lakukan adalah mengunjungi perusahaan jasa yang memberikan pelayanan domain dan hosting. Domain dan Hosting pada umumnya bisa kamu dapatkan dengan cara menyewa, bukan membeli. Untuk domain, minimal masa sewa adalah setahun. Sedangkan untuk hosting bervariasi, ada yang perbulan, 3 bulanan, 6 bulanan atau tahunan. Tiap perusahaan hosting (bisa juga disebut sebagai webhosting), memberikan penawaran spesifikasi hosting yang berbeda, harga berbeda, dan kualitas yang berbeda. Salah satu webhosting yang murah dan berkualitas adalah Jagoan Hosting Indonesia. Jagoan Hosting Indonesia merupakan salah satu webhosting terbaik di Indonesia. Untuk melihat statistik webhosting terbaik di Indonesia, kamu bisa kunjungi www.webhosting.info/webhosts/tophosts/Country/ID.

 

2 thoughts on “Cara Sederhana Mengenal Domain dan Hosting

  1. Home mole removal can work well for those who have moles that
    bother them as long as the are not a typical moles.
    Once your mole is dry, cut a piece of duct tape three
    times the size of the mole. This sounds drastic but as long as you pay due care and attention when
    carrying the task out the removal should happen without a
    hitch.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s